Selamat Pagi Dalam Bahasa Arab

Yuli Astuty Februari 25, 2018
Hai..! Selamat pagi , Shobahal Khayr..!

Pengen bisa sapaan seperti itu? Yuh kita kemoonn..belajar di sini.

Bahasa Arab memiliki ragam sapaan sehari-hari, seperti selamat pagi, selamat siang, selamat jalan, sampai jumpa, apa kabar dan masih banyak lagi. Penasaran? yuk kita simak macam-macam sapaan dalam bahasa arab berikut ini lengkap dengan cara bacanya dan terjemahanya lho.
selamat pagi, assalamualaykum, apa kabar, sampai bertemu lagi, sampai jumpa, selamat jalan

Sapaan Bahasa Arab Sehari-hari

السلام عليكم ! وعليكم السلام ورحمة الله

Assalamu’alaykum ! wa’alaykum salam warahmatullah (semoga keselamatan menyertaimu! dan semoga keselaman dan kasih sayang Allah menyertaimu)

اهلا وسهلا ! اهلا بك , مرحبا بك 

Ahlan wa sahlan! Ahlan bik , marhaban bik (selamat datang)

صباح الخير ! صباح النور

Shobahal khayr! Shobahannur (selamat pagi)

نهارك سعيد ! سعيد مبارك

Naharuka sa’iid ! sa’iidun mubarak (selamat siang)

مساء الخير ! مساء النور

Masa al khayr! Masa annur (selamat sore)

ليلا تك سعيد ! سعيد مبارك

Laylaatuka sa’iid ! sa’iidun mubaarak (selamat malam)

كيف أصبحت؟ الحمد لله أصبحت بخير

Kayfa ashbahta ? ashbahtu bikhayr (bagaimana kabarmu pagi ini?alhamdulillah,Pagi ini kabarku baik)
كيف امسيت ؟ الحمد لله امسيت بخير

Kayfa amsayta ? amsaytu bikhayr (bagaimana kabarmu sore ini?alhamdulillah, Sore ini kabarku baik)

كيف حالك ؟ الحمد لله إني بخير شكرا, إني لست على ما يرام

Kayfa chaaluka? Alhamdulillah inniy bikhayr syukran, inniy lastu ‘ala ma yuraam (bagaimana kabarmu? Alhamdulillah aku baik-baik saja terimakasih. aku sedang tidak fit)

انا مشتاق إليك ! وأنا كذالك

Ana musytaaqun ilayk ! wa ana kadzalik (aku rindu padamu. Aku juga)

ما أراك زمانا طويلا ! أنا مشغول جدّا/ أنا مريض / أنا مسافر إلى خارج المدينة

Maa araaka zamaanan tawiilan! Anamasyguul jiddan/ ana mariidh/ ana musaafir ila khaarijil madiinah (lama tak jumpa denganmu ! saya sibuk sekali/ saya sakit/ saya pergi ke luar kota)

أنا سعيد بهذا اللقاء ! أنا فرحان بهذه المقابلة 

Ana sa’iidun bihadzal liqaa’. Ana farchan bihadzihil muqabalah (Saya senang dengan pertemuan ini. Saya bahagia dengan pertemuan ini)

أنا مسرور للغاية من اللقاء بك ! وأنا أيضا شكرا

Ana masruur minal liqaa i bik! Wa ana aidhan syukran (saya senang bertemu dengan mu! Terimakasih, saya juga)

إلى اللقاء ! مع السلامة , في آمن الله 

Ilal liqaa’ ! ma’as salaamah, fii amanillah (sampai jumpa ! selamat berpisah, selamat jalan)

حيا رخصة يا اخى ! طيب مع السلامة.

Chayya rukhshah ya akhy ! thayyib ma’as salaamah (mari permisi ! selamat jalan)

Nah, langsung saja praktikkan sapaan-sapaan bahasa arab tersebut dalampercakapan sehari-hari. mudah kan?. Semoga bisa menambah kosa kata bahasa arab mu. Jangan lupa untuk terus belajar bahasa arab kapanpun dan dimanapun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »