Cara Mudah Belajar Bahasa Arab bagi Pemula

Yuli Astuty Februari 25, 2018
Ini adalah cara belajar bahasa arab yang mudah dan cepat, baik bagi pemula agar lebih efektif dalam mempelajari bahasa arab. Namun sebelum dijelaskan lebih detail, silakan simak dulu penjelasan berikut.

Belajar Bahasa Arab

Belajar bahasa arab sangat dianjurkan seperti yang diungkapkan oleh Ulama Besar Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah “Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-sunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab. Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.” (Iqtidho Shirotil Mustaqim).

Cara Mudah Belajar Bahasa Arab

cara mudah belajar bahasa arab bagi pemu dengan cepat dan efektif
Yang pertama kali dilakukan dalam belajar bahasa arab adalah harus mengerti huruf-huruf hijaiyyah terlebih dahulu. Kemudian diperlukan ketrampilan membaca untuk mampu menguasai bacaan dalam tulisan arab. Selanjutnya memahami arti dari masing-masing kata sehingga mempermudah dalam memahami kalimat.

Belajar bahasa arab secara praktis bisa diawali dengan menerapkan doa sehari-hari menggunakan bahasa arab. Dengan terbiasa mengucapkan kalimat-kalimat dalam bahasa arab diharapkan dapat membantu mempermudah pengucapanya dan juga berpengaruh baik dalam ketrampilan membaca. Oleh karena itu awali setiap aktivitas dan kegiatan yang positif dengan berdoa menggunakan bahasa arab. Akan lebih baik lagi jika mengetahui makna dari doa-doa yang diucapkan sehari-hari. Sehingga belajar bahasa arab sekaligus dengan terjemahanya.
cara belajar bahasa arab mudah dan cepat bagi pemula

Selanjutnya untuk tahapan pemula dalam belajar bahasa arab, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

(1) memahami kosa kata bahasa arab yang dalam pembagianya kata dalam bahasa arab dibagi menjadi 3 yaitu isim, fi’il dan harf. Isim atau sering disebut isim saja adalah kata benda (nomina) yaitu semua kata yang menunjukkan benda. Dan sebagaimana kata benda lain, ia dapat diketahui dari memahami maknanya. Fi’il adalah kata kerja (verba) yaitu semua kata yang menunjukkan arti pekerjaan. Harf (kata tugas) adalah semua jenis kata selain Isim dan Fi’il, yang tidak bisa berdiri sendiri dan tidak memiliki arti yang jelas tanpa kata-kata lain dalam hubungan kalimat.

(2) memahami penggunaan waktu, beberapa bahasa sangat memperhatikan penggunaan waktu yang sudah menjadi peraturan dalam berbahasa seperti dalam bahasa Inggris ada penggunaan waktu sekarang, lampau dan mendatang. Begitu juga dalam bahasa Arab, khususnya pada penggunaan kata kerja (fi’il) harus memperhatikan waktu. Sehingga dalam bahasa arab dikenal fi’il madhi atau kata kerja lampau dan juga fi’il mudhari’ atau kata kerja sekarang dan mendatang.

(3) memahami konteks kalimat, dalam bahasa arab struktur kalaimat dibagi menjadi dua yaitu jumlah fi’liyah dan jumlah ismiyah. Jumlah ismiyah merupakan susunan kalimat yang diawali dengan ism (kata benda). Sedangkan Jumlah fi’liyah merupakan susunan kalimat yang diawali dengan fi’il (kata kerja). Apabila sudah memahami tiap kosa kata dalam bahasa Arab sekaligus terjemahanya, bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

di depan : أَمَامَpergi : ذَهَبَpena : قَلَمٌ
di belakang : وَرَاءَmembaca : قَرَاءَmeja : مَكْتَبٌ
di dalam : فىِmasuk : دَخَلَkursi : كُرَّاسَةٌ
di samping : َانِبَkeluar : خَرَجَtas : حَقِيْبَةٌ
di atas : عَلىَpulang : رَجَعَsekolah : مَدْرَسَةٌ

Nah, itulah tips cara mudah belajar bahasa arab bagi pemu. Silakan dipraktekkan dan semoga bermanfaat untuk semuanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »