Bahasa Arab Nama Hari dan Bulan

Yuli Astuty Februari 25, 2018
Selamat pagi, shobahal khayr sobat. Hari apa ya ini? sudah lupa ya dengan Nama-nama Hari dan Bulan dalam bahasa Arab. Wah, perlu kita review lagi nih tabungan kosa katanya. Di sini kita akan belajar lagi tentang Bahasa Arab Nama Hari dan Bulan. Nah, apakah berbeda atau sama dengan pembahasan sebelumnya? yuh kita cekidot saja.

 Bahasa Arab Nama Hari dan Bulan

Pengulangan dalam proses belajar sangatlah perlu, karena belajar memang harus berulang-ulang, terlebih untuk pelajaran yang termasuk kategori sulit seperi pelajaran-pelajaran eksak pada umumnya. Begitu juga dengan pelajaran berbahasa Asing, dalam hal ini bahasa Arab, kita juga perlu melakukan pengulangan supaya apa yang sudah kita pelajari sebelumnya tetap dapat diingat dengan mudah.

Dimulai dari hal yang sederhana, kita perlu mereview lagi kosa kata-kosa kata yang sudah kita pelajari sebelumnya. Karena belajar bahasa memang perlu ditekankan dalam memperbanyak kosa kata. Jadi ketika sudah memiliki banyak kosa kata jangan cuma digantung saja ya sobat, nanti dicuri orang, karena digantung saja itu ga enak, ups..hehe.

Satu Hari يَوْمٌYaum
Satu MingguاُسْبُوْعٌUsbuu'
MingguاَلْاَحَدْAhad
SeninاَلْإِثْنَيْنItsnain
Selasaاَلثُّلاَثَاءtsulatsa'
RabuاَلْاَرْبَعَاءُArbia'
KamisاَلْخَمِيسُKhamiis
Jum'atاَلْجُمُعَةْJumu'ah
SabtuاَلسَّبْتُSabtu


Bulan-Bulan Masehiشُهُوْرُالْمِلَادِيَّةِ
Januari يَنَايِرُ Yanaayir Februari فَبْرَايِرُ Fabraayir Maret مَارِسْ Maaris April أَبْرِيْل Abriil Meiمَايُوْ Maayuu Juni يُوْنِيُو Yuuniyuu Juli يُوُلِيُوْ yuuliyuu Agustus أَغُسْطُسْ Aghustus Septemberسِبْتِمْبِرْ Sibtimbir Oktober أُكْتُوْبِر Uktuubir November نُفَمْبِر Nupambir Desember دِيْسَمْبِرْDiisambir



تَقْوِيْمُ الْهِجْرِى
Muharramمُحَرَّمٌ
Safarصَفَرٌ
Rabi'il awalرَبِيْعُ الْاَوَّلِ
Rabi'il saniرَبِيْعُ الثَّانِى
Jumadil awalجُمَادِ الْاَوَّلِ
Jumadil saniجُمَادِالثَّانِى
Rajabرَجَبُ
Sya'banشَعْبَانُ
Ramadanرَمْضَانُ
Syawalشَوَالٌ
Zul qa'dahذُوالْقَعْدَةِ
Zul hijjahذُوْالْحِجَّةِ



Beberapa hariاَيَّامٌAyyaam
SebelumقَبْلَQobla
SesudahبَعْدَBa'da
SekarangاَلْاَنَAl Ana
KemarinاَمْسِAmsi
BesokغَدًاGhadan
Hari apa?مَاالْيَوْمُMaalyaum?
Besok LusaبَعْدَالْغَدِBa'dal Ghad
Kemarin Lusaقَبْلَ الْاَمْسِQoblal Amsi

Nah, jadinya lebih faham lagi kan sob, ingatanya sudah pulih kembali ya, sehingga kosa katanya betah dalam ingatan. Ternyata apa yang kita pelajari hari ini berbeda dengan yang lalu, ada hal baru lagi yang bisa menambah tabungan kosa katanya. Itu tadi pembahasan tentang Bahasa Arab Nama Hari dan Bulan. Semoga bermanfaat ya sob. Silahkan si bagikan.

Jazakumullah khayran...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »