Belajar Bahasa Arab Ungkapan Maaf dan Artinya

Yuli Astuty Februari 25, 2018
Selamat pagi sobat pecinta bahasa Arab, kaifa chaalukum?, bagaimana kabarnya? semoga baik-baik saja ya sob, tentunya tetap bersemangat untuk belajar bahasa Arab hari ini. Nah, penasaran apa yang akan kita pelajari hari ini, simak yuk pembahasan berikut ini.

Sobat pecinta bahasa Arab tentunya tahu ungkapan-ungkapan yang sering kita gunakan sehari-hari, salah satunya ungkapan Maaf. Nah kali ini admin akan membagikan ilmu sedikit nih sob, bagaimana cara mengungkapkan maaf menggunakan bahsa Arab. yuk mari belajar Bahasa Arab Maaf dan Artinya.

 Bahasa Arab Ungkapan Maaf dan Artinya

Salah satu dari berbagai ungkapan yang sering kita gunakan sehari-hari adalah ungkapan maaf. Ungkapan maaf digunakan bila kita melakukan kesalahan. Ungkapan maaf haruslah dilakukan dengan sungguh-sungguh. Bila dalam bahasa Indonesia kita sering bilang "maaf", dalam bahasa Inggris bisa kita menggunakan kata "sorry" dan dalam bahasa Arab kita bisa menggunakana berbagai macam ungkapan di bawah ini. Tentunya dengan muatan emosi dan tingkat kesopana yang berbeda-beda ya sob, gunakanlah ungkapan maaf tersebut disesuaikan dengan siapa kita melakukan kesalahan.

Berikut Ucapan Maaf Dalam Bahasa Arab Dan Artinya:

عَفْوًا
Maaf/permisi
اَلْعَفْوُ مِنْكُمْ
Harap maafkan saya
أَعْتَدِرُكُمْ عَلٰى تَأَخُّرِى
Maafkan saya karena terlambat
عَفْوًاجِئْتُ  مُتَأَخِّرًا
Maafkan saya karena terlambat
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى إِزْعَاجِى
Maaf saya menggangu!
مَهْلًا
Tunggu sebentar!
سَامِحْنِى عَدَمِ الْاِشْتِرَاكِ
Bolehkah saya tidak ikut serta!
لَوْسَامَحْتَ
Izinkanlah/Mohon Maaf
سَامِحْنِى علٰى عَدَمِ مُشَارَكَتِى فِي الْاِجْتِمَاعِ
Izinkanlah saya untuk tidak ikut rapat
عَفْوًااَنَالَاأَسْتَطِيْعُ مُسَاعَدَتَكَ
Maaf, saya tak dapat membantu anda
اَسِفْ جِدًّا
Maaf sekali
اَنَامُتَأَسِفُ عَلٰى الْاِزْعَاجِ
Saya menyesal telah menggangu anda
اَنَا حَزِيْنٌ علٰى عَدَمِ عِيَادَتِكَ
Saya kecewa anda tidak datang mengunjungiku
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى اهْمَالِى إِلَيْكَ
Maafkanlah saya tealah membiarkan anda menunggu
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى عَدَمِ اِهْتِمَامِى بِكَ
Maafkanlah saya telah membiarkan anda menunggu
عَفْوًاعَلٰى وَقِيْحِى إِلَيْكَ
Maafkan atas ke kasaran saya
عَفْوًا مِنْكُمْ عَلٰى كَلَامِىْ
Harap maafkan saya atas kata-kata saya
اَلْعَفْوُ مِنْكُمْ علٰى عَدَمِ وَفَائِى لِمَوْعِدَتِنَا
Saya mohon maaf atas kelupaan saya akan janji kita
اَرْجُوْ مِنْكَ اَلْعَفْوُ
Saya harus mohon maaf pada anda
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى كُلِّ الْخَطِيْئَةِ
Saya mohon maaf jika ada yang salah
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى خِيَانَتِى لِلْوَعِدْ
Saya mohon maaf atas kesalahan saya mengingkari janji
أَعْتَدِرُكُمْ مِنْ كُلِّ كَلَامِىْ
Saya mohon maaf atas perkataan saya
لَا أَقْصُدُ جَرْحَ قَلْبِكَ
Saya tak bermaksud melukai hati anda
لَا تَغْضَبْ
Jangan marah
أَخْطَاْتُ
Saya bersalah
هَذَا خَطَأْتِى
Ini kesalahan saya
اَرْجُوْفَسيْحُ قَلْبِكَ
Saya harap anda tidak akan marah
سَامِحْنِى اَنْ اُعَبِّرَ اِعْتِذَارِى
Perkenankan saya menyatakan penyesalan
اَلْعَفْوُ عَلٰى سُوْءِ التَّفَهُّمِ اَللهُ يَهْدِيْنَا
Saya menyesali kesalahfahaman saya
لَااَفْعَلَهُ بِالْقَصْدِ
Saya tidak sengaja melakukannya
لَيْسَ خَطَأَكَ
Bukan kesalahan anda
لَاتَحْسِبْنِىْ وَقِيْحًا
Jangan menganggap saya tidak sopan


Waah, jadi makin tahu ya sob, jadi bila melakukan kesalahan jangan bersedih ya, kita bisa meminta maaf dengan berbagai ungkapan. Karena pada dasarnya manusia memang tempatnya salah dan lupa. Nah, itulah beberapa Ungkapan Maaf dalam Bahasa Arab dan Artinya. Jangan lupa untuk tetap belajar bahasa Arab. kapanpun dan dimanapun. Tetap semangat ya sob, jangan takut salah dalam belajar.

Syukran Jaziilan...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »